Dari Taman Nasional Bunga Peony Hingga Patung Budha Raksasa Gua Longmen (3)

Catatan perjalanan : Selama 10 hari, mulai dari tanggal 20 – 30 April 2024, wartawan Gesuri.id, Ali Imron Hamid
Sabtu, 04 Mei 2024 11:50 WIB Jurnalis - Haerandi

China, Gesuri.id - Selain Luoyi Ancient City, Provinsi Henan juga memiliki destinasi wisata taman bunga Peonny, bunga warna-warni yang bisa mekar hingga berukuran besar. Tak hanya itu, yang menakjubkan adalah destinasi patung Budha raksasa di Longmen Grotto sebagai salah satu heritage dunia yang sudah diakui oleh UNESCO.

Salah satu ciri khas dari Luoyang adalah The National Peony Garden atau Taman Nasional Bunga Peony. Taman Bunga Peony berlokasi di sebelah utara kota Louyang. Sejak Dinasti Tang (618-907 M), tidak ada kota di China yang mampu menyaingi Luoyang dalam menanam bunga Peony. Taman ini juga menjadi satu-satunya taman spesies Peony di China yang memegang tiga gelar tingkat nasional yaitu Taman Peony Nasional, Bank Gen Taman Peony Naisonal dan Pusat Penelitian dan Promosi Nasional Teknologi Bunga.

Setiap bulan April-Mei, jutaan pengunjung datang ke Luoyang untuk menikmati warna-warni bunga peony di taman nasional ini. Taman Nasional Peony ini dibangun pada bulan Maret 2003. Membentang di area seluas 700 mu (sekitar 113 hektar), Taman Peony Nasional terdiri dari area pengamatan Peony yang dibagi menjadi Taman Selatan dan Utara seluas 500 mu (sekitar 82 hektar) dan area budidaya bibit seluas 200 mu (sekitar 33 hektar).

Baca juga :