Ganjar-Mahfud, Duet Politisi dan Teknokrat

Duet Ganjar-Mahfud menjadi alarm "ancaman" bagi pasangan lainnya dalam kontestasi Pilpres 2024.
Sabtu, 21 Oktober 2023 13:35 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Bakal calon presiden Ganjar Pranowo sudah punya pasangan. Dia adalah Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Keputusan Mahfud MD menjadi bakal calon wakil presiden (Bacawapres) pendamping Ganjar diumumkan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri di Gedung DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Duet Ganjar-Mahfud menjadi alarm ancaman bagi pasangan lainnya dalam kontestasi Pilpres 2024. Indikatornya, pasangan Ganjar-Mahfud dinilai ideal karena keduanya kolaborasi antara politisi dan teknokrat. Ganjar-Mahfud perpaduan nasionalis religius.

Pengamat politik Sultra Dr.Muh.Najib Husain, S.Sos., M.Si mengatakan, keputusan PDIP bersama partai koalisi lainnya, memilih Mahfud MD mendampingi Ganjar, adalah pilihan yang sangat tepat. Karena basis suara Mahfud MD berbeda dengan basis suara Ganjar.

Jika Ganjar bagian wilayah Jawa Tengah, sementara Mahfud MD dominan di Jawa Timur. Selain itu, Mahfud MD juga bagian keterwakilan Nahdlatul Ulama (NU) yang merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Baca juga :