Geliat Wisata Luoyang di Provinsi Henan Paska Pandemi (2)

Catatan perjalanan : Selama 10 hari, mulai dari tanggal 20 – 30 April 2024, wartawan Gesuri.id, Ali Imron Hamid
Sabtu, 04 Mei 2024 11:45 WIB Jurnalis - Haerandi

China, Gesuri.id - Sebagai provinsi yang berada di pedalaman Tiongkok, Henan merupakan rumah bagi banyak warisan heritage termasuk reruntuhan ibu kota Dinasti Shang, Yin dan Kuil Shaolin. Ada empat ibu kota bersejarah China yaitu Luoyang, Anyang, Kaifeng dan Zhengzhou berada di Henan. Hampir seperempat provinsi Henan berada di utara Sungai Kuning, Huang He.

Dengan penduduk sekitar 99 juta jiwa, Henan menjadi provinsi dengan perekonomian terbesar kelima di China dengan PDB per kabita mencapai 5,88 triliun RMB atau setara dengan US $ 926 miliar di tahun 2021. Pembangunan yang berjalan sangat cepat bisa disaksikan di Provinsi Henan ini termasuk bagaimana pemerintah setempat membangun destinasi pariwisata lokal agar bisa lebih dikenal secara global.

Salah satu industri pariwisata yang kembali berkembang paska pandemi adalah kota Louyang. Pemerintahan Henan telah menggunakan segala macam sumber daya budaya yang dimiliki untuk menggairahkan lagi sektor pariwisatanya yang sempat terpuruk di saat Covid beberapa tahun yang lalu. Data resmi menunjukan bahwa kota ini mencatat 10,31 juta perjalanan di bulan Januari 2023 menghasilkan pendapatan sebesar 6,28 miliar yuan (sekitar US $ 902,44 juta) masing-masing naik 746,63 % dan 690,06% YoY.

Baca juga :