Gizi dan Kedaulatan Pangan Nasional

Oleh: Ketua Bidang Kesehatan Perempuan dan Anak DPN REPDEM, Rusmarnie Rusli, yang juga Ketua DPD REPDEM Provinsi Banten.
Rabu, 24 Januari 2024 09:20 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Hari ini, Rabu 25 Januari 2024, merupakan Hari Gizi Nasional ke-64 Tahun 2024. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mengusung tema MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting.

Gizi Nasional erat kaitannya dengan kedaulatan pangan. Karena harus ada political will dari Pemimpin Negara untuk membuat regulasi dan menjalankan berbagai program yang sudah direncanakan untuk mensejahterakan rakyatnya.

Politik pangan sangat penting dan ia menyentuh seluruh aspek kehidupan dan berimplikasi penting pada kesehatan, tentu bagaimana kita mencerdaskan kehidupan bangsa mulai dari gizi yang cukup.

Pada Rakernas IV Pdi Perjuangan di Jakarta Capres Ganjar Pranowo memaparkan rencana kerja beliau apabila terpilih sebagai Presiden RI Ke-8.

Ganjar menilai politik kesehatan akan memberikan investasi pada anak bangsa dan generasi selanjutnya. Atas hal itu lah, keberpihakan pada petani dan nelayan bisa mempercepat Indonesia yang berdikari di bidang pangan sesuai dengan amanat Trisakti Bung Karno.

Dari hulu sampai hilir mesti kita yakini bisa kita kelola harus dilakukan transformasi dan akselerasi untuk meningkatkan nilai pangan yang dimiliki Tanah Air kita.

Baca juga :