Inspirasi dari Paus Fransiskus

Oleh: Cendekiawan Nahdlatul Ulama dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi. 
Minggu, 08 September 2024 19:04 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Jakarta, Gesuri.id - Tenggelamdalam keindahan negeri ini, tempat perjumpaan dan dialog antara budaya dan agama-agama yang berbeda, saya berharap rakyat Indonesia bertumbuh dalam iman, persaudaraan, dan bela rasa. Tuhan memberkati Indonesia.

Kesan indah, mendalam, dan memikat Paus Fransiskus tersebut ditorehkan dalam buku tamu kenegaraan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Kesan yang menggambarkan kebeningan dan ketulusan Bapa Suci.

Hal ini juga membuktikan betapa kokohnya hubungan bilateral Indonesia dan Takhta Suci Vatikan, sekaligus dukungan penuh Takhta Suci terhadap Indonesia sejak setelah kemerdekaan, tahun 1947. Tahkta Suci merupakan otoritas keagamaan sekaligus kenegaraan yang pertama kali mengakui kemerdekaan Republik Indonesia.

Nilai historis tersebut memberikan warna cerah bagi Indonesia karena dunia melihat Indonesia sebagai harapan bagi tegaknya toleransi, moderasi dan kemanusiaan. Dari Tunisia, tempat saya bertugas saat ini, warga Tunisia juga mengikuti kunjungan bersejarah Paus Fransiskus ke Tanah Air.

Baca:Adian,Ganjar, Ahok Diyakini Tingkatkan Kinerja PDI Perjuangan

Baca juga :