Kemerdekaan Ekonomi Bagi Segenap Masyarakat Indonesia

Oleh: Ir. Andreas Eddy Susetyo, M.M, Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi PDI Perjuangan.
Minggu, 18 Agustus 2024 11:46 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Setiap 17 Agustus Bangsa Indonesia merayakan Kemerdekaan. Seluruh masyarakat dari setiap penjuru negeri menyatu dalam suasana perhelatan sakral setiap tahunnya.

Masyarakat dari setiap generasi tidak akan pernah lupa dengan perjuangan luar biasa para pendiri Bangsa untuk menciptakan Negara yang berdaulat. Hal itu menjadi sebuah kewajiban, bahwa jangan pernah sekalipun melupakan sejarah, terutama sejarah kemerdekaan Bangsa yang besar ini.

Terlepas dari perhelatan setiap tahunnya, ada hal yang paling penting untuk dilakukan oleh Negara ini, yaitu memaknai kemerdekaan secara khidmat. Sampai kapanpun, kemerdekaan harus dimaknai tidak hanya dengan momentum seremonial semata, namun harus dimaknai dalam setiap proses menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Itulah makna substansial dari sejarah yang tidak boleh dilupakan.

Menukil pesan Bung Karno, jika kemerdekaan adalah jembatan emas, yang akan mengantarkan kita kepada kemerdekaan yang sejati. Kemerdekaan yang didalamnya tidak ada masyarakat yang menderita, dan terbentuknya kehidupan yang makmur, adil dan sejahtera.

Baca juga :