Utilisasi Infrastruktur Jokowi, Lompatan Ekonomi Ala Ganjar Pranowo

Indonesia perlu mengubah pendekatan pembangunan masa depan dalam tiga area, yaitu transformasi ekonomi, sosial, dan tata kelola. 
Minggu, 17 September 2023 12:00 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Untuk keluar dari middle income trap (MIT), Indonesia harus meningkatkan pendapatan per kapita sampai ke level yang setara dengan negara maju.

Oleh karena itu, melansir laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Indonesia perlu mengubah pendekatan pembangunan masa depan dalam tiga area, yaitu transformasi ekonomi, sosial, dan tata kelola.

BacaGanjar Pranowo Bukanlah Pemimpin Retorika

Hal itu diupayakan oleh pemerintah melalui beberapa langkah, salah satunya adalah pembentukan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 guna mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 yang diluncurkan pada Kamis, 15 Juni 2023 lalu di Djakarta Theater, Jakarta.

Dalam RPJPN tersebut, terdapat enam bab pembahasan. Enam bab tersebut adalah Selayang Pandang Pembangunan Indonesia, Megatren dan Modal Dasar, Indonesia Emas 2045: Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan, Indonesia Bertransformasi: Kolaborasi Menuju Indonesia Emas 2045, Mewujudkan Pembangunan Wilayah dan Sarana Prasarana Menuju Negara Nusantara, dan Mengawal Indonesia Emas 2045.

Baca juga :