Mendengar Kesaksian Korban Kudatuli, Mencekamnya Sabtu Kelabu

Kudatuli adalah cikal bakal adanya reformasi dan semangat demokrasi di Indonesia.
Sabtu, 27 Juli 2024 09:34 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id - PDIPerjuangan memperingati 28 tahun peristiwa serangan kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) pada 27 Juli 1996 atau yang dikenal dengan sebutan Kudatuli, pada hari ini, Sabtu (27/7/2024).

Kepala Badan Sejarah Indonesia DPP PDI Perjuangan Bonnie Triyana mengatakan, Kudatuli adalah cikal bakal adanya reformasi dan semangat demokrasi di Indonesia.

Karena tanpa peristiwa 27 Juli 1996 mungkin tidak ada reformasi. Kalau tidak ada peristiwa Kudatuli, mungkin tidak ada pemilihan presiden secara langsung. Kalau tidak ada Kudatuli, tidak ada orang punya mimpi walaupun dia berangkat dari keluarga sederhana, tidak ada orang-orang yang punya kesempatan yang bisa melakukan lentingan yang tinggi sebagai pejabat publik, sebagai pemimpin pada peristiwa ini. Sehingga hari ini kita peringati dengan sungguh-sungguh, kata Bonnie.

Dalam acara tersebut juga mendengarkan beberapa kesaksian para korban Kudatuli, salah satunya David MC.

Kalau cerita 28 tahun yang lalu, jam-jam segini situasinya juga mencekam. Kita bisa dapat merasakan bagaimana mereka menyerang. Di situ (kantor DPP PDI) kita bertahan, kita bergelimpangan di sini. Lalu kemudian di luar sana chaos terjadilah bakaran di mana-mana, ungkap David.

Baca juga :