Ganjar Terus Ingatkan Bahaya dari El Nino

Pada masa kekeringan, seringkali terjadi peningkatan populasi nyamuk. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan.
Selasa, 17 Oktober 2023 22:25 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Calon presiden Ganjar Pranowo terus mengingatkan masyarakat mengenai bahaya El Nino, termasuk kemungkinan timbulnya kekeringan, ancaman ketahanan pangan, serta peningkatan risiko penyakit.

Pada masa kekeringan, seringkali terjadi peningkatan populasi nyamuk. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan dan terus memeriksa lingkungan kita agar tetap sehat. Disarankan juga untuk menjadikan olahraga sebagai kebiasaan harian dengan durasi minimal 30 menit, ujar Ganjar.

Ganjar sebelumnya juga telah menyoroti dampak kekeringan dan isu ketahanan pangan dan telah meminta masyarakat, terutama ibu rumah tangga, untuk kembali memanfaatkan pekarangan mereka dengan menanam beragam jenis tanaman pangan sebagai upaya diversifikasi pangan.

Ganjar juga meminta agar air hujan lebih banyak untuk dipanen. Air hujan harus dikumpulkan dan disimpan. Tujuannya untuk digunakan saat menghadapi masa kekeringan. Air tersebut dapat digunakan baik untuk mendukung irigasi di lahan pertanian maupun untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Masih ada kesempatan untuk mengumpulkan air hujan yang masih tersedia. Air ini dapat disimpan sehingga saat menghadapi situasi sulit, kita memiliki ketersediaan air yang mencukupi. Ini akan menjaga kesehatan kita dan memastikan kita memiliki sumber air bersih, serta kecukupan pasokan makanan secara mandiri. Pemerintah juga akan menyediakan solusi jangka panjang, jelas Ganjar.

Baca juga :