Hari Santri, M. Jaenudin: Momentum Meneladani Perjuangan Kiai dan Santri

Para kiai dan santri adalah salah satu kelompok masyarakat yang paling aktif dalam perlawanan terhadap penjajahan di Indonesia.
Kamis, 24 Oktober 2024 02:16 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Anggota DPRD Jawa Barat,Muhammad Jaenudin, mengungkapkan bahwa hari ini menjadi momen penting untuk mengenang perjuangan para kiai dan santri yang telah berjuang mempertahankan tanah air dari penjajahan.

Sejarah telah mencatat bahwa para kiai dan santri adalah salah satu kelompok masyarakat yang paling aktif dalam perlawanan terhadap penjajahan di Indonesia, kata Jaenudin, Selasa (22/10/2024).

Politisi PDI Perjuangan tersebut juga menyinggung tentang peristiwa heroik para santri dalam melawan penjajah pada 10 November 1945 yang dipicu Resolusi Jihad. Ia menekankan bahwa peran santri tak terpisahkan dari sejarah bangsa, terutama dalam peringatan Hari Pahlawan.

Sebagai Sekretaris Komisi V DPRD Jawa Barat, Jaenudin berharap semangat juang yang ditunjukkan para kiai dan santri dapat dilanjutkan oleh generasi saat ini.

Ia mengajak para santri untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan berperan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga :