Komitmen Kebersihan, Ganjar Tanpa Canggung Memungut Bermacam Sampah di Pasar

Tak hanya itu, aksi tersebut dilakukannya sembari menyapa dan berbincang dengan pedagang dan pengunjung pasar.
Minggu, 08 Oktober 2023 23:05 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Semarang, Gesuri.id - Komitmen Ganjar Pranowo terhadap kebersihan dibuktikannya dengan tanpa canggung memungut bermacam sampah di pasar, kemudian dengan cekatan memasukkannya ke dalam karung yang ditentengnya. Aksi yang berlangsung 40 menit itu, berhasil mengumpulkan belasan karung berisi sampah, termasuk 56,5 kilogram sampah plastik.

Tak hanya itu, aksi tersebut dilakukannya sembari menyapa dan berbincang dengan pedagang dan pengunjung pasar, belum lama ini.

Kehadiran Ganjar dalam kegiatan bertajuk Resik-resik Pasar itu sontak membuat kaget para pedagang dan pengunjung salah satu pasar tertua di kota Semarang. Para pedagang tidak menyangka bakal dikunjungi Ganjar yang kala itu masih menjabat orang nomor satu di Jateng, yang juga membersihkan sampah di sekitar lapak mereka.

Saya kaget melihat Pak Ganjar datang dan memunguti sampah di depan lapak saya. Tadi sempat tidak percaya, karena selama ini hanya melihat lewat televisi tetapi sekarang saya melihat langsung, ujar salah seorang pedagang Pasar Peterongan, Sarofah.

Pedagang kelapa dan sayuran itu mengaku senang adanya kegiatan gotong royong membersihkan pasar. Terlebih saat pagi yang merupakan waktu paling banyak aktivitas pedagang dan pembeli, sehingga sampah banyak menumpuk di berbagai titik.

Baca juga :