Novita Hardini Soroti Peran Negara yang Jadi Agent of Social Control

Melalui Pancasila, Indonesia telah menunjukkan komitmen untuk merangkul semua perbedaan.
Selasa, 03 September 2024 11:13 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id - Pancasila adalah pemersatu banga. Pancasila menjadi wujud nyata bahwa Indonesia memiliki pondasi yang kuat dalam menghadapi tantangan bangsa. Pancasila juga dikenal sebagai ideologi yang merangkul seluruh elemen masyarakat, melampaui batasan suku, agama, dan ras dari Sabang hingga Merauke.

Pancasila lahir sebagai tiangnya negara Indonesia dimana di dalam negara Indonesia ada banyak suku, ada banyak kelompok ada banyak agama. Kalau negara saja sebagai agent of social control yang mestinya pola laku sosial masyarakat kita dibuat tidak berdaya, bagaimana kelompok-kelompok minoritas di luar sana yang kelompoknya kecil tidak punya power tidak punya jaringan? Lalu dimana konstitusi kita memberikan hak yang sama kepada seluruh warga Indonesia coba kita berpikir? Kok bisa?, ujar Novita Hardini seperti dikutip di laman Instagram @novitamochamad, Kamis (15/8).

Pendapat itu disampaikan politisi perempuan PDI Perjuangan, menanggapi fenomena sosial yang berkembang saat ini, terutama dalam konteks peran negara dan tantangan persatuan. Politisi perempuan PDI Perjuangan itu pun menanggapi fenomena Paskibraka 2024 yang dinilainya mengalami pergeseran realitas sosial. Novita pun menyoroti konteks peran negara dan tantangan persatuan.

Timbul pertanyaan yang menggelitik pikiran banyak pihak. Bagaimana dulu para pahlawan perempuan seperti RA Kartini, Cut Nyak Dien, Malahayati, dan Fatmawati menghadapi peraturan dan norma sosial sebagai Muslimah di Indonesia? tanya dia.

Ketika dihadapkan pada kondisi tertentu yang mungkin memaksa mereka untuk menyesuaikan penampilan, termasuk melepas kerudung, apakah mereka juga menghadapi penolakan atau reaksi keras seperti yang terjadi hari ini? katanya.

Baca juga :