Uniknya Barapen, Ritual Bakar Batu yang Digelar untuk Menyambut Ganjar Pranowo di Papua

Ganjar disematkan mahkota oleh tokoh masyarakat setempat, dilanjutkan dengan prosesi injak kaki di atas piring.
Rabu, 22 November 2023 15:35 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Papua, Gesuri.id - Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo disambut oleh tradisi Barapen ketika menyambangi Kampung Saukabu, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Raja Ampat, Papua Barat Daya, Senin, 20 November 2023.

Kedatangannya disambut meriah dengan atraksi perahu nelayan, tarian adat, dan tradisi Barapen, yang merupakan pesta bakar batu. Tokoh masyarakat setempat menyematkan mahkota pada Ganjar, dilanjutkan dengan prosesi injak kaki di atas piring.

Ganjar Pranowo juga mengikuti tradisi Barapen, yang melibatkan memasak dan mengolah makanan untuk hidangan pesta, termasuk umbi-umbian, sayur-sayuran, dan daging. Selain itu, anak-anak muda setempat mempersembahkan berbagai tarian khas Papua sebagai bagian dari sambutan adat.

Kepala Kampung Saukabu, Ariel Fakdawer menyatakan kebanggaan masyarakat atas kehadiran Ganjar, menganggapnya sebagai bentuk perhatian terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Papua, khususnya di Raja Ampat.

Luar biasa sangat bangga. Inilah salah satu capres yang sangat peduli masyarakat Papua, terutama Raja Ampat, ungkap Ariel.

Baca juga :