Adi Sutarwijono Tegaskan Juni Bulan Bung Karno, Warisi Apinya Jangan Abunya

Rumah Pak Tjokro telah lebih dulu dijadikan museum yang bisa dikunjungi masyarakat luas.
Selasa, 11 Juni 2024 05:05 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Jakarta, Gesuri.id - Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengatakan Juni adalah bulan Bung Karno. Bulan ini menjadi istimewa bagi Sang Putra Fajar, sebutan Bung Karno.

Menurutnya, ada tiga peristiwa penting di bulan Juni bagi Sang Proklamator Kemerdekaan dan Presiden RI pertama itu, yang dikenang dan diperingati masyarakat luas.

Pertama, 1 Juni 1945, ketika Bung Karno menyampaikan pidato tentang Pancasila di depan sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Ketika itu di masa kekuasaan balatentara Jepang. Oleh pemerintah, tanggal 1 Juni ditetapkan Hari Lahir Pancasila, yang diperingati secara nasional.

Kedua, 1 Juni 1901, Bung Karno lahir di Surabaya ketika fajar merekah. Diberi nama Koesno. Kemudian diubah menjadi Soekarno. Bung Karno lahir di rumah kecil, kampung Pandean Gang 4 nomor 40. Bung Karno adalah arek Suroboyo. Beliau lahir dan tumbuh di kota yang kultur masyarakatnya egaliter, blak-blakan, penuh persaudaraan, kata Adi Sutarwijono dalam keterangan tertulis, Kamis (6/6).

Baca:GanjarPranowo Bahas Mudik hingga MK Ketika Temui Megawati

Baca juga :