Aria Bima Ingatkan PTPN III Target Swasembada Gula 2028 Perlu Langkah Antisipatif

Pemerintah menargetkan Indonesia mampu swasembada gula pada tahun 2028 mendatang.
Rabu, 31 Juli 2024 03:50 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima menyampaikan pertanyaan dalam Rapat Dengar Pendapat dengan BUMN Industri Perkebunan dan Kehutanan/PTPN III dan Perum Perhutani di Gedung Nusantara I, DPR RI, Senayan,Jakarta.

Pemerintah menargetkan Indonesia mampu swasembada gula pada tahun 2028 mendatang. Sebagai salah satu BUMN krusial yang bertanggungjawab mewujudkan target tersebut, PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) dinilai perlu mengambil langkah antisipasi yang tepat mengingat Indonesia masih berhadapan dengan ketidakpastian situasi lokal dan global kerap menghantui.

Dirinya mengingatkan PTPN III juga harus maksimal menerapkan program kerja supaya berjalan efektif sekaligus efisien.

Perlu ada satu akselerasi yang cukup atraktif, apalagi situasi global yang semakin tidak menentu dengan berbagai perubahan geopolitik yang berakibat pada perubahan ekonomi, seperti produksi gula melalui berbagai upaya seperti revitalisasi pabrik gula yang harus kita kawal, meningkatkan produktivitas lahan tebu, dan mengembangkan varietas tebu unggul, ucap Aria, baru-baru ini.

Tidak hanya itu saja, Politisi Fraksi PDI Perjuangan ini berharap PTPN mempertahankan serta memperkuat hubungan kemitraan dengan kelompok petani tebu. Selain menjaga sinergitas dan mengasah kompetensi para petani tebu, menurutnya, kemitraan ini akan berpengaruh positif terhadap persaingan usaha dan keberlanjutan industri tebu yang semakin sehat.

Baca juga :