Cok Ace Serahkan Tanah-Air Pura Pusering Jagat ke Jokowi

Cok Ace menyerahkan tanah dan air yang diambil dari Pura Pusering Jagat, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar.
Senin, 21 Maret 2022 22:16 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Penajam Paser Utara, Gesuri.id - Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace menyerahkan tanah dan air yang diambil dari Pura Pusering Jagat, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam ritual Kendi Nusantara di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/3) pagi.

BacaHasanuddin: Komandan Yang Lalai, Seret ke Mahkamah Militer!

Pantauan dalam video streaming di YouTube Sekretariat Presiden (Setpres), Wagub Cok Ace mewakili Pemprov Bali dipanggil di urutan ke 19 untuk menyerahkan tanah dan air dari Provinsi Bali yang dipersatukan di IKN Nusantara bersama tanah dan air dari 33 provinsi lainnya se Indonesia. Wagub Cok Ace tampak menjelaskan sesuatu saat menyerahkan tanah yang ditempatkan dalam sebuah sangku dan air di dalam kendi kepada Presiden Jokowi. Presiden pun tampak serius menyimak penjelasan Wagub Cok Ace tersebut.

Dalam keterangannya Wagub Cok Ace menjelaskan bahwa dipilihnya tanah dan air yang diambil dari Pura Pusering Jagat, Desa Pejeng, Tampaksiring, Gianyar itu karena Pura tersebut berada di pusat kosmologi dunia (Pusering Jagat) yang juga diyakini sebagai pusat samudera (Pusering Tasik). Sehingga tanah dan air yang ada di Pura Pusering Jagat merupakan tanah suci pusat kosmologi dunia sekaligus pusat samudera, sebagai cikal bakal terbentuknya dunia dan segala kehidupan di dalamnya.

Terkait tanah dan air dari Bali yang disatukan di IKN Nusantara, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, I Gede Arya Sugiartha mengungkapkan dirinya sebelumnya diminta langsung untuk memohon tanah dan air suci di Pura Pusering Jagat untuk diambil sedikit guna keperluan penyatuan tanah dan air di IKN Nusantara pada, Jumat (11/3) lalu.

Baca juga :