Fraksi PDI Perjuangan Berikan Sejumlah Catatan soal RUU Kementerian

Putra: Harus lebih banyak alokasi belanja untuk rakyat sebagai kelompok penerima manfaat daripada untuk birokrasi yang saat ini 50 persen.
Kamis, 16 Mei 2024 14:41 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id - Fraksi PDI Perjuangan memandang dalam penyelanggaraan pemerintahan jumlah kementerian negara harus memperhatikan efektivitas dan efisiensi serta prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan good governance dan good goverment.

Hal itu disampaikan anggota Baleg DPR RI fraksi PDI Perjuangan Putra Nababan dalam rapat pleno Baleg DPR RI pengambilan keputusan RUU Kementerian Negara di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Fraksi PDI Perjuangan berpandangan mengingat negara memiliki sumber daya yang terbatas, maka dari itu perubahan jumlah kementerian harus diatur seefisien mungkin agar tidak membebani keuangan negara, ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, fraksi PDI Perjuangan memandang perlu pengaturan terkait pemantauan dan peninjauan oleh DPR terhadap pelaksanaan UU Kementerian Negara sebagai bentuk check and balances antara eksekutif dan legislatif. Sehingga roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik.

Baca juga :