Generasi Muda Harus Bisa Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila di Kehidupan Sehari-hari

Tidak sedi.kit dari Generasi Z yang terpapar oleh ideologi asing melalui media sosial
Senin, 20 Mei 2024 12:48 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id - Pesatnya teknologi internet membuat banyak generasi Z yang terpapar dampak negatif internet sebagai konsekuensi dari perkembangan media sosial saat ini. Kondisi ini tentu saja mengkhawatirkan sebab bagaimanapun juga nilai-nilai Pancasila tetap harus dilestarikan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Putra Nababan mengatakan, akibat pesatnya terpaan informasi media social, membuat banyak generasi muda saat ini memiliki perilaku yang tidak sejalan dengan nilai Pancasila. Salah satunya adalah gaya hidup hedonism yang suka pamer barang mewah di media social, kata Putra dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di hadapan warga Jakarta Timur, Senin (20/5) di Jakarta.

Selain sikap suka pamer, tambah Putra, generasi muda saat ini lebih mudah menyerah dan cepat patah semangat dalam menghadapi suatu tantangan di dalam kehidupan. Sikap kegigihan dalam mengejar dan mencapai sesuatu sudah mulai jarang terlihat di dalam generasi muda, katanya.

Karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut, ujar Putra, generasi muda saat ini harus menerapkan nilai-nilai Pancasila di keseharian. Menumbuhkan sikap optimism sangat diperlukan dalam menghadapi semua tantangan kehidupan. Peran orang tua dalam mendampingi masa remaja mereka masih tetap diperlukan dan jangan sampai berkembang tanpa pengawasan, katanya.

Baca juga :