Gus Falah Sarankan Negara Gandeng Organisasi Ekstra Kampus Untuk Tangkal Terorisme

Organisasi tersebut bisa menangkal upaya perekrutan dengan pendekatan soft 'berbungkus' kegiatan-kegiatan kemahasiswaan atau keagamaan.
Sabtu, 18 November 2023 06:24 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Jakarta, Gesuri.id Ketua Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Nasyirul Falah Amru menanggapi pernyataan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bahwa lingkungan kampus atau perguruan tinggi menjadi incaran penyebaran paham dan rekrutmen terorismegaya baru.

Tokoh yang akrab disapa Gus Falah itu menyarankan pada BNPT maupun institusi negara terkait lainnya, untuk bersinergi dengan organisasi mahasiswa ekstra kampus guna mencegah tumbuhnya radikalisme dan terorisme di kampus-kampus.

Baca:Gus Falah Desak Pemerintah Cegah Munculnya InfluencerTerorisme

Pemerintah khan sudah menerbitkan Permenristekdikti (Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi) nomor 55 tahun 2018, yang memberi ruang bagi organisasi ekstra berkiprah di kampus-kampus, nah bila BNPT temukan indikasi teroris membidik kampus atau perguruan tinggi, organisasi ekstra bisa diajak bersinergi untuk menangkal terorisme, ungkap Gus Falah dalam keterangan tertulisnya, Jumat 17 November 2023.

Baca juga :