Gus Ipin: Jadi Tuan Rumah HUT Apkasi 2024, Ekonomi Trenggalek Berbasis Kreativitas bukan Eksplorasi

Kegiatan awal ulang tahun Apkasi ke-24 itu ditandai dengan gala dinner yang akan berlangsung di Tebing Kepuh.
Selasa, 11 Juni 2024 14:15 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Trenggalek, Gesuri.id - Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan peringatan sekaligus perayaan Hari Ulang Tahun ke -24 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) yang berlangsung pada 7-9 Juni.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, Selasa (4/6) mengatakan, kegiatan awal ulang tahun Apkasi ke-24 itu ditandai dengan gala dinner yang akan berlangsung di Tebing Kepuh.

Lewat bekas tambang batu andesit itu, pihaknya ingin menunjukkan konsentrasi Trenggalek yang lebih mengedepankan aspek kesinambungan kelestarian alam dalam pembangunan daerah.

Kita ingin tunjukkan ekonomi Trenggalek itu based on creativity, bukan based on eksplorasi yang di dalamnya termasuk tambang. Jadi ini sebagai simbol, bekas tambang disulap jadi tempat festival ligth and sound yang mengolaborasikan teknologi dan seni, kata Mas Ipin sapaan akrabnya di Pendopo Trenggalek.

Usai gala dinner yang rencananya berlangsung pada 7 Juni itu, rangkaian kegiatan lain dalam HUT itu adalah sepakbola pantai, dialog nasional, women program, syukuran HUT ke-24 Apkasi, grand final Putri Otonomi Indonesia (POI) hingga fun walk.

Baca juga :