Implementasi Nilai Pancasila Sangat Penting untuk Membentuk Karakter Generasi Muda dalam Kehidupan Akademik

Generasi muda diajarkan untuk memahami makna setiap sila dan bagaimana mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari
Senin, 12 Agustus 2024 06:03 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id - Implementasi terhadap nilai-nilai Pancasila sangat penting dalam membentuk karakter generasi muda dalam kehidupan akademik terutama untuk menanamkan dasar-dasar moral, etika, dan perilaku yang sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia. Pancasila, sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa, mengandung nilai-nilai yang dapat membentuk karakter positif pada anak-anak muda.

Generasi muda diajarkan untuk memahami makna setiap sila dan bagaimana mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Para orang tua dan guru bisa menggunakan contoh-contoh dari kehidupan nyata yang relevan dengan nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong dalam proyek kelompok atau keadilan dalam kegiatan akademik, kata Putra dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR RI Minggu (11/8) di Jakarta.

Menurut Putra, generasi muda bisa mengimplementasikan nilai Pancasila dengan pembiasaan perilaku positif di kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan upacara bendera, kegiatan gotong royong, dan sikap saling menghormati antara warga akademik adalah bentuk nyata penerapan nilai-nilai Pancasila. Disiplin yang diterapkan di kehidupan akademik juga harus mengacu pada nilai-nilai Pancasila, seperti keadilan, kemanusiaan, dan penghargaan terhadap hak-hak orang lain, katanya.

Putra juga mengatakan, tenaga pengajar, tenaga pendidik harus menjadi role model dalam penerapan nilai-nilai Pancasila. Misalnya, dengan bersikap adil, menunjukkan sikap toleransi, dan menjaga persatuan di lingkungan sekolah. Apresiasi terhadap anak muda yang menunjukkan sikap dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, seperti kejujuran dan kepedulian terhadap sesame sangat perlu dilakukan untuk membangkitkan kecintaan terhadap Pancasila, ujarnya.

Baca juga :