Jadi Wakil Ketua DPRD Jabar, Ono Surono Fokus Dorong Pembentukan 9 Daerah Otonom Baru

Sejumlah daerah di Jawa Barat seperti Tasikmalaya, Subang, Garut, Sukabumi, Cianjur, Bogor, Indramayu menjadi 9 kabupaten sangat mendesak.
Jum'at, 11 Oktober 2024 05:30 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Bandung, Gesuri.id - Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono mendorong pembentukan 9 Daerah Otonom Baru (DOB) setelah dilantik sebagai Wakil Ketua DPRD Jawa Barat periode 2024-2029.

Ono mengatakan, pembentukan DOB di sejumlah daerah di Jawa Barat seperti Tasikmalaya, Subang, Garut, Sukabumi, Cianjur, Bogor, Indramayu menjadi 9 kabupaten baru sudah sangat mendesak lantaran indeks pembangunan manusia (ipm) di daerah tersebut sangat rendah.

Kita sisir dulu sehingga bila memang 9 kabupaten baru ini menjadi prioritas minimal infrastruktur realnya yang berkaitan dengan kebutuhan dasar rakyat itu harus didorong kesana, ujarnya saat ditemui seusai pelantikan di Gedung DPRD Jabar, Rabu (9/10/2024).

Selain itu, pihaknya juga telah memiliki sejumlah catatan yang bakal ia dorong selama bertugas lima tahun ke depan. Salah satunya adalah terkait transparansi dalam penyusunan anggaran atau APBD.

Dalam proses penyusunan APBD bukan hanya legislatif dan eksekutif saja yang dilibatkan, tetapi rakyat juga dilibatkan, perguruan tinggi dilibatkan. Kita bersama-sama, sehingga seluruh program di Jawa Barat diketahui oleh masyarakat, kata Ono.

Baca juga :