Ketahanan Wilayah Pesisir, Ganjar Genjot Inovasi Perguruan Tinggi

Ganjar: Jadi kita bicara society 5.0 tentang wilayah pesisir, dan bagaimana resilient atau ketahanan wilayah itu ada.
Rabu, 11 Oktober 2023 10:52 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id Capres Ganjar Pranowo selalu mendorong perguruan tinggi dan sektor lainnya untuk bahu-membahu mengedukasi terkait pengelolaan wilayah pesisir dan laut. Di antaranya terkait over fishing atau penangkapan ikan yang berlebihan, dan adanya potensi bencana di pesisir selatan dan utara Jawa.

Jadi kita bicara society 5.0 tentang wilayah pesisir, dan bagaimana resilient atau ketahanan wilayah itu ada. Sehingga, jika kita berbicara tentang mitigasi kebencanaan dalam konteks pengelolaan wilayah pesisir dan laut, maka Perguruan Tinggi kemudian mendorong anggotanya dari Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan ini, untuk peduli, untuk berpikir, kata Ganjar.

Ganjar mencontohkan wilayah pesisir Pulau Jawa, baik pesisir selatan (Pansela) maupun utara (Pantura), memiliki potensi yang berbeda-beda. Misalnya di wilayah selatan memiliki potensi kebencanaan yang cukup tinggi terkait megathrust. Bahkan, sudah ada penelitian terkait potensi megathrust itu dari perguruan tinggi.

Maka bagaimana membangun wilayah pesisir dan laut di selatan, yang kita betul-betul paham di situ ada potensi bencana, sehingga kita bisa mengantisipasinya. Itu di wilayah selatan, jelasnya, barubaru ini.

Berbeda dengan wilayah pesisir utara, menurutnya, permasalahan yang dihadapi lebih kompleks lagi. Selain soal penangkapan ikan seperti yang disampaikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, juga ada potensi kebencanaan seperti penurunan tanah atau penurunan tanah.

Baca juga :