Lohing Simon Minta Pemerintah Daerah dan PT PLN Berikan Solusi Memenuhi Kebutuhan Listrik Desa

Menurutnya, perlu perhatian dan kebijakan khusus untuk memenuhi kebutuhan listrik desa.
Selasa, 15 Oktober 2024 21:16 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Lohing Simon, meminta kepada pemerintah daerah bersama PT PLN supaya memberikan solusi untuk desa yang belum teraliri jaringan listrik.

Menurutnya, perlu perhatian dan kebijakan khusus untuk memenuhi kebutuhan listrik desa. Sebab masih ada beberapa daerah yang belum tersetuh jaringan listrik PLN secara langsung karena berbagai persoalan. Seperti infrastruktur jalan ataupun lokasi desa yang berada di daerah pelosok.

Misalnya saja di wilayah Kabupaten Murung Raya, di sana masih banyak desa yang belum teraliri listrik PLN. Jadi waktu kita reses sering kali menerima aspirasi terkait hal itu, kata Lohing, Minggu (13/10/2024).

Ia juga mengatakan, ada banyak dari kalangan masyarakat di wilayah pedesaan yang menginginkan adanya solusi dari pemerintah agar desa mereka bisa menikmati listrik, sebab fasilitas ini sangat penting dalam menunjang berbagai aktivitas.

Politisi PDI Perjuangan ini pun menyarankan, agar pemerintah bersama PLN bisa membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atau membagikan alat pembangkit itu ke desa-desa yang sama sekali belum teraliri listrik, sembari menunggu jaringan PLN masuk desa tersebut.

Baca juga :