Mahfud MD Singgung soal Korupsi Pajak dan Transaksi Gelap di Kementerian Keuangan

Mahfud: Kenapa rasio pajak kita rendah? Karena ada korupsi.
Senin, 27 November 2023 04:54 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Menter Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia (Menkopolhukam) sekaligus cawapres Mahfud MD menyinggung soal kasus korupsi pajak saat memberikan ceramah kebangsaan atau tausiyah di Pondok Pesantren Hidyatullah, Balikpapan, pada Jumat (24/11).

Saudara bayangkan kalau tax ratio kita dari 11 persen jadi 15 persen saja kita udah cukup mengurangi jumlah orang miskin. Kenapa rasio pajak kita rendah? Karena ada korupsi, kata Mahfud MD dilansir dari Live akun YouTube Ummulqura Hidayatullah bertajuk Tausiyah Kebangsaan Bersama Menyelamatkan Memajukan Indonesia.

Sebelumnya, Mahfud Md mengatakan upaya pengungkapan transaksi gelap senilai Rp 349 triliun di Kementerian Keuangan masih terus berjalan. Satu di antaranya yang masih didalami Satgas Tindak Pidana Pencucian Uang, yaitu kasus impor emas senilai Rp 189 triliun.

Transaksi gelap Rp 349 triliun di Kemenkeu itu pernah diungkap Mahfud dalam rapat bersama Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat, Rabu, 29 Maret 2023. Itulah perkembangan penanganan kasus yang sempat gaduh di DPR, kata Mahfud, dalam keterangan pers di gedung Menko Polhukam, Rabu, 1 November 2023.

Mahfud MD lahir pada 13 Mei 1957 di Sampang, Madura. Mahfud menempuh dua jenis pendidikan, agama dan umum. Lulus dari SD, Mahfud melanjutkan pendidikan di Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN), Pamekasan, Madura dan dilanjutkan ke Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN) selama tiga tahun di Yogyakarta.

Baca juga :