Menuju Samarinda Kota Peradaban, Keselarasan Pembangunan adalah Kunci Utama

Angkasa menegaskan bahwa mengubah pemikiran dan budaya masyarakat adalah tantangan besar.
Selasa, 25 Juni 2024 01:00 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Samarinda, Gesuri.id Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda di bawah kepemimpinan Wali Kota Andi Harun dan Wakil Wali Kota Rusmadi Wongso terus menggelorakan ambisinya untuk menjadikan kota ini sebagai Kota Pusat Peradaban.

Kota Samarinda yang telah lama dikenal sebagai Kota Tepian ini, diharapkan Andi Harun dan Rusmadi dapat berubah menjadi Kota Pusat Peradaban dengan konsep maju dalam segala aspek kehidupannya. Visi ini mendapat dukungan positif dari berbagai elemen masyarakat, termasuk Ketua Komisi III DPRD Kota Samarinda Angkasa Jaya Djoerani.

Angkasa menegaskan bahwa mengubah pemikiran dan budaya masyarakat adalah tantangan besar. Menurutnya, kunci utama untuk mewujudkan Kota Peradaban adalah melalui edukasi yang dapat membangun pemikiran masyarakat tentang perubahan dan kemajuan.

Langkah kecil sudah dimulai, seperti penerapan pembayaran nontunai. Namun, masih banyak yang belum bisa menerima perubahan ini dan itu menjadi tugas pemerintah, ungkapnya, Sabtu (15/6/2024).

Politikus PDI Perjuangan ini mengungkapkan pentingnya keselarasan antara pembangunan infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Kota Samarinda. Pembangunan yang tidak disertai dengan kesiapan masyarakat hanya akan menimbulkan penolakan dan pemborosan anggaran.

Baca juga :