Mochamad Nur Arifin Komitmen 'Net Zero' Karbon dengan Bangun Kebun Raya Bambu

Hal itu sejalan dengan kelestarian ekologi digadang dapat berdampak ekonomi menjadi cita-cita besar RPJPD pemerintah.
Selasa, 09 Juli 2024 17:21 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Trenggalek, Gesuri.id - Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menerangkan bahwa kelak perkebunan Dilem Wilis Bendungan akan ada Kebun Raya Bambu. Dari lokasi tersebut akan ada banyak varietas bambu akan dikembangkan. Lalu diteliti oleh para ahli dan akhirnya dikembangkan sebagai hilirisasi.

Dalam mewujudkan Net Zero Karbon PemerintahKabupaten Trenggalekberkomitmen salah satunya dengan membangun Kebun Raya Bambu di Perkebunan Dilem Wilis Kecamatan Bendungan.

Hal tersebut sejalan dengankelestarian ekologidigadang dapat berdampak ekonomi menjadi cita-cita besar RPJPD pemerintah.

Kebun Raya Bambu ini nanti menjadi semacamlaboratorium hidup. Titik fokus bagaimana ekonomi dan ekologi itu bisa berjalan beriringan. Ini sebenarnya merupakan cerita yang sudah sering kita ceritakan, mimpi yang sudah sering kita mimpikan bersama, terang Mochamad Nur Arifin, Minggu (7/7/2024).

Mas Ipin, sapaan akrab bupati muda ini menjelaskan bahwa perlahan untuk menuju ke langkah-langkah besar telah dipersiapkan. Oleh sebab itu, pihaknya memulai dengan menanam, mungkin baru tiga setengah tahun nanti untuk bisa merasakan hasil secara nyata.

Baca juga :