Ono Surono Singgung Kembali soal Sembilan Daerah Otonomi Baru di Jabar

Namun kepadatan penduduk itu dianggap tidak selaras dengan jumlah kabupaten/kota yang ada.
Sabtu, 05 Oktober 2024 07:30 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Bandung, Gesuri.id - Anggota DPRD Jawa Barat Ono Surono pun menyinggung kembali soal sembilan daerah otonomi baru itu di Jabar. Sekedar informasi, usulan ini datang dari jumlah penduduk di Jabar yang mencapai kurang lebih 50 juta jiwa.

Namun kepadatan penduduk itu dianggap tidak selaras dengan jumlah kabupaten/kota yang ada, yakni hanya 27 daerah. Sementara provinsi tetangga, yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur, punya penduduk yang lebih sedikit namun dengan wilayah yang lebih banyak.

Terkait dengan sembilan wilayah yang kemarin sudah diusulkan menjadi daerah otonomi baru. Tentunya daerah-daerah tersebut masih perlu perhatian terkait dengan infrastruktur dasar. Bagaimana jalan, sekolah, rumah sakit, dan puskesmas, ucap Ono pada detikJabar, Kamis (3/10).

Selain di wilayah Papua, pemekaran wilayah juga dicanangkan di Jawa Barat. Setidaknya ada sembilan calon daerah persiapan otonom baru (CDPOB) di Jabar yang telah disetujui dan diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Adapun sembilan CDPOB yang telah diusulkan, ialah Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Garut Selatan, Kabupaten Bogor Timur. Kemudian Kabupaten Indramayu Barat, Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Tasikmalaya Selatan, Kabupaten Garut Utara, dan yang terakhir adalah Kabupaten Subang Utara.

Baca juga :