Perlu Keseriusan Wujudkan Cirebon Bebas Sampah

Keberadaan TPA Gunung Santri dan Kubangdeleg pun tidak bisa menjadi penentu mewujudkan Cirebon bebas sampah.
Senin, 13 Mei 2024 00:01 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Cirebon, Gesuri.id - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Rudiana SE mengatakan Kabupaten Cirebon menghadapi tantangan besar dalam pengelolaan sampah. Pasalnya, produksi harian sampah mencapai 1.200 ton, dimana 65 persennya adalah sampah non-organik.

Keberadaan TPA Gunung Santri dan Kubangdeleg pun tidak bisa menjadi penentu mewujudkan Cirebon bebas sampah. Sehingga, butuh keseriusan dalam mewujudkan itu semua.

Menurut Rudian, perlu kesadaran seluruh elemen dan setiap pemangku kebijakan, agar lebih serius menjaga lingkungan demi terwujudnya Kabupaten Cirebon bersih dan bebas sampah.

Kami di DPRD selalu mendorong agar warga Kabupaten Cirebon lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan, ujar Rudiana, Sabtu (11/5/2024).

Menurutnya, produksi sampah di Kabupaten Cirebon mencapai 1.200 ton per hari, yang didominasi sampah non-organik 65 persen. Sisanya adalah sampah organik yang dihasilkan limbah rumah tangga. Hal tersebut, kata Rudiana, perlu ditanggapi serius dan harus jadi gerakan bersama-sama secara serius mewujudkan Cirebon bebas sampah.

Baca juga :