Tinjau Layanan MPP Kabupaten Maros, Menteri PANRB: Lanjutkan Inovasi dan Pangkas Proses Bisnis

Setelah dua tahun melayani masyarakat, MPP Kabupaten Maros tidak boleh puas dengan pencapaian yang sudah diraih.
Jum'at, 06 September 2024 09:15 WIB Jurnalis - Haerandi

Maros, Gesuri.id Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas meninjau pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Senin (26/08). Menteri Anas menitipkan pesan agar jajaran Pemerintah Kabupaten Maros dapat terus berinovasi dan memangkas proses bisnis agar layanan publik yang diberikan dapat terus melampai ekspektasi masyarakat.

Setelah dua tahun melayani masyarakat, MPP Kabupaten Maros tidak boleh puas dengan pencapaian yang sudah diraih. Kita perlu berinovasi terus-menerus dan memangkas proses bisnis untuk memastikan layanan bisa terus berjalan sesuai harapan masyarakat, ujarnya.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyampaikan inovasi lanjutan setelah adanya MPP fisik, adalah penyelenggaraan pelayanan publik berbasis digital. Saat ini Presiden Joko Widodo memberikan arahan untuk dapat menyediakan layanan publik secara daring, sehingga MPP pun kini bertransformasi menjadi MPP Digital.

Melalui MPP Digital, masyarakat dapat lebih mudah mengakses layanan publik tanpa harus melakukan proses tatap muka. Memang Mal Pelayanan Publik kalau dulu harus membangun gedung baru, nah sekarang kita dorong secara bertahap ke MPP Digital, ungkap Menteri Anas.

Terkait penyederhanaan proses bisnis, Mantan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) ini menyontohkan keeberhasilan pemerintah dalam menyederhanakan proses bisnis layanan perizinan penyelenggaraan event . Kemudahan perizinan ini bertujuan untuk menarik lebih banyak wisatawan mancanegara ke Indonesia. Digitalisasi menjadi solusi untuk memberikan kemudahan, memberikan kepastian dan memotong birokrasi.

Baca juga :