Yohanes Dukung Penuh Program Peluncuran Gerakan Kecamatan Tangguh Bencana (Kencana)

Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana di tingkat kecamatan.
Jum'at, 09 Agustus 2024 20:00 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Yohanes, memberikan dukungan penuh kepada pemerintah daerah setempat, dalam peluncuran program gerakan Kecamatan Tangguh Bencana (Kencana).

Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana di tingkat kecamatan, sehingga mampu mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh bencana alam, kata Yohanes, di Kuala Kapuas, Rabu (7/8/2024).

Politisi PDI Perjuangan ini menilai, bahwa program Kencana merupakan langkah strategis dan penting dalam menghadapi ancaman bencana yang sering terjadi di wilayah kabupaten setempat.

Dengan adanya program ini, lanjutnya, setiap kecamatan diharapkan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menanggulangi bencana, mulai dari tahap pencegahan, tanggap darurat, hingga pemulihan pascabencana.

Program Kencana ini sangat relevan mengingat Kabupaten Kapuas memiliki potensi bencana alam seperti banjir, kebakaran hutan, dan tanah longsor. Dengan kesiapsiagaan yang baik, kita dapat meminimalkan risiko dan kerugian yang diakibatkan oleh bencana, katanya.

Baca juga :