Adian Sebut Hasto Diperlakukan Seperti Teroris Saat Diperiksa Penyidik KPK AKBP Rossa, dkk

Artinya bahwa ketika sekjen masuk dalam ruangan itu dia sudah masuk pada tahap interogasi
Jum'at, 28 Juni 2024 18:21 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id - PolitisiPDI Perjuangan, Adian Napitupulu menyoroti pemeriksaan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu. Adian mengkritisi pemeriksaan yang berlangsung dalam kondisi Hasto diperlakukan hingga mengalami kedinginan layaknya pemeriksaan terduga teroris.

Adian menemukan literatur bahwa pemeriksaan dalam kondisi terperiksa yang kedinginan termasuk standar pemeriksaan terhadap teroris. Tujuannya agar terperiksa dipaksa mengakui apa saja yang diinginkan pemeriksa.

Hal itu disampaikan Adian dalam Focus Group Discussion (FGD) bertajuk Tata Cara Hukum dan Model Kerja Aparat Penegak Hukum pada Kasus Politik di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (28/6).

Lalu saya carilah interogasi di ruangan dingin itu standar. Itu standar pemeriksaan terhadap teroris, terhadap lawan-lawan musuh negara dan sebagainya, kata Adian.

Adian menyampaikan pemeriksaan di KPK yang menyebabkan Hasto kedinginan tidak layak. Sebab saat itu Hasto masih berstatus sebagai saksi bukan tersangka kasus dugaan korupsi.

Baca juga :