Andika Perkasa Berpeluang diusung Jadi Cawagub Jakarta, Ini Pendapat Pakar

Menurut saya, kalaupun nama Andika Perkasa akan diajukan oleh PDI Perjuangan, maka kemungkinan terbesar akan diajukan sebagai calon wagub
Kamis, 11 Juli 2024 09:10 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id - Pakar ilmu politik Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta Ardli Johan Kusuma menyebut mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn.) Andika Perkasa berpeluang untuk diusung menjadi bakal calon wakil gubernur di Pilkada Jakarta.

Ia menyampaikan pernyataan tersebut usai Sekjen PDI PerjuanganHasto Kristiyanto mengaku menyiapkan kader internal, termasuk Andika, di Pilkada Jakarta, dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani yang menyebut wacana duet mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Andika sebagai hal yang menarik.

Menurut saya, kalaupun nama Andika Perkasa akan diajukan oleh PDI Perjuangan, maka kemungkinan terbesar akan diajukan sebagai calon wakil gubernur. Itu pun dengan catatan Andika dapat mengalahkan nama-nama lain dari internal PDI Perjuangan, katanya, Minggu (7/7).

Ia menjelaskan bahwa Andika kurang berpeluang diusung menjadi bakal calon gubernur dikarenakan masih kalah secara elektabilitas dengan nama-nama lainnya.

Secara elektabilitas, berdasarkan survei yang memiliki potensi besar, seperti Anies Baswedan dan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Maka, menurut saya, PDI Perjuangan juga pasti akan rasional dalam melihat fakta tersebut, jelasnya.

Baca juga :