Aromah Amarah Menyelimuti Rakernas PDI Perjuangan, Sangat Kecil Kemungkinan Koalisi dengan Prabowo

Sebelum Rakernas V dimulai, terkesan aroma amarah menyelimuti sebagian petinggi PDI Perjuangan
Jum'at, 24 Mei 2024 23:55 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id - PDI Perjuangan akan menggelar Rapat Kerja Nasional atau Rakernas V di Ancol, Jakarta, 24-26 Mei 2024. Ada beberapa agenda yang dibahas PDI Perjuangan dalam rakernas tersebut

Pengamat komunikasi politik Jamiluddin Ritonga menganalisa PDI Perjuangan sangat kecil kemungkinan bergabung dengan koalisi pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk lima tahun ke depan. Dia menilai PDI Perjuangan akan menempatkan sikap sebagai oposisi di era Prabowo.

Menurut dia, ada beberapa indikasi PDI Perjuangan kelal bakal jadi oposisi karena jelang rakernas ada kesan amarah dari elite partai berlambang banteng moncong putih itu.

Sebelum Rakernas V dimulai, terkesan aroma amarah menyelimuti sebagian petinggi PDI Perjuangan. Ada tiga indikasi yang menguatkan hal itu, kata Jamil, sapaan akrabnya, Jumat (24/5).

Dia bilang untuk indikasi pertama, Rakernas PDI Perjuangan digelar dalam momentum semangat reformasi untuk melawan sisi gelap kekuasaan. Jamil menyampaikan seperti itu merujuk omongan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Baca juga :