Forum Kader PDI Perjuangan Desak DPR RI Serius Gulirkan Hak Angket

Dalam pernyataan yang dibacakan Fandi Lesmana, ada beberapa hal yang menjadi sorotan forum.
Sabtu, 09 Maret 2024 20:50 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id Forum Kader PDI Perjuangan se-Jabodetabek menyatakan ketidakpuasannya terhadap perkembangan situasi politik nasional terkini. Ketidakpuasan tersebut dinyatakan melalui pernyataan sikap yang dibacakan di Resto Handayani Prima, Matraman Raya, Jakarta Timur, pada hari Kamis (7/3/2024).

Dalam pernyataan yang dibacakan Fandi Lesmana, ada beberapa hal yang menjadi sorotan forum. Mulai dari banyaknya dugaan kecurangan yang terjadi pada Pemilu 2024, DPR RI yang dinilai kurang peka terhadap situasi yang terjadi, serta penyalahgunaan kewenangan yang dilakukan pemerintahan Presiden Jokowi.

Berdasarkan hal-hal tersebut, forum yang diinisiasi oleh Cepy Budi Mulyawan dan Bambang Beathor Suryadi ini menuntut beberapa hal. Pertama, mendorong DPR RI segera menggulirkan Hak Angket. Kedua, mengungkap penyalahgunaan kewenangan yang dilakukan pemerintahan Presiden Jokowi. Ketiga, mendesak DPR RI menjalankan fungsi sebagai garda terdepan pembela rakyat.

Saya harap, apa yang kami lakukan hari ini diikuti kader PDI-P di daerah lain. Kami khawatir pola yang digunakan Jokowi pada Pemilu 2024 akan digunakan pada Pilkada 2024, sehingga terjadi politik dinasti, kata Cepy Buadi Mulyawan, salah satu inisiator forum ini.

Sementara itu, Beathor menyatakan kekecewaannya karena Puan Maharani yang menjabat sebagai Ketua DPR RI justru tidak ada di tempat ketika Sidang Paripurna DPR hari Selasa (5/3) kemarin. Ia memandang hal tersebut mustinya tidak perlu terjadi ketika ada agenda penting yang akan dibahas dalam Sidang Paripurna.

Baca juga :