Ini Makna Mubeng Beteng Relawan Ganjar-Mahfud di Alun-Alun Kidul Jogja

Jalan sehat Mubeng Beteng Kraton Yogyakarta Garda Istimewa sengaja dipusatkan di Alun-alun Kidul karena memiliki tiga makna esensial.
Minggu, 21 Januari 2024 14:31 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Yogyakarta, Gesuri.id - GabunganRelawan Ganjar MahfudDIY (Garda Istimewa) menggelar agendaMubeng BetengKraton Yogyakarta diAlun-alun Kidul, Minggu (21/1/2024). Ribuan warga mengikuti acara jalan sehat tersebut.

Menurut koordinator penyelenggara Widihasto Wasana Putra, jalan sehat Mubeng Beteng Kraton Yogyakarta Garda Istimewa ini sengaja dipusatkan di Alun-alun Kidul karena memiliki tiga makna esensial. Selain menyambut pesta demokrasi juga sekaligus melestarikan budaya.

Mubeng Beteng ini tak hanya berolahraga tapi sarat makna lain, ujarnya, Minggu (21/1/2024).

Makna pertama dari kegiatan ini adalah sebagai sarana merajut kebersamaan lintas komponen masyarakat menyambut pesta demokrasi. Harapannya Pemilu 2024 berjalan jujur adil dan bermartabat. Sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

Kemudian pemilihan titik start dan finish di Kagungan nDalem Alun-Alun Selatan Kraton Yogyakarta adalah sebagai media edukasi sejarah kepada masyarakat luas akan keberadaan Kasultanan Yogyakarta sebagai Daerah Istimewa bagian dari NKRI.

Baca juga :