Mahfud Berharap UNHCR Gerak Cepat atasi Pengungsi Rohingya Kabur

Mahfud: Ibu Menteri Luar Negeri akan menghubungi UNHCR dalam waktu yang tidak terlalu lama.
Minggu, 10 Desember 2023 03:35 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Banda Aceh, Gesuri.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud Md meminta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berkoordinasi dengan UNHCR ihwal nasib para pengungsi Rohingya.

Ibu Menteri Luar Negeri akan menghubungi UNHCR dalam waktu yang tidak terlalu lama, kata dia, Rabu (6/12).

Menurut Mahfud, Indonesia tidak menandatangani konvensi PBB tentang Pengungsi sehingga tidak terikat dengan Komisioner UNHCR. Karenanya, bantuan kepada imigran Rohingya dilakukan Indonesia atas dasar kemanusiaan. Mahfud berharap UNHCR bisa bergerak cepat dalam menangani para pengungsi Rohingya yang mulai membeludak.

Mahfud juga meminta Badan Keamanan Laut (Bakamla) berpatroli guna mencegah datangnya para pengungsi Rohingya. Kita akan mencari jalan untuk mencari, pertama, kalau bisa enggak masuk. Bakamla tetap lakukan koordinasi untuk berpatroli, kata dia.

Menurut Mahfud pemerintah fokus pada pencegahan pengungsi masuk dan pemindahan warga Rohingya yang sudah mengungsi ke tempat lain. Beberapa upaya, lanjut Mahfud, sudah dilakukan dari mula berkoordinasi dengan UNHCR hingga mencari tempat pengungsian baru.

Baca juga :