Menteri PANRB Dukung Kampus Kolaborasi Perkuat Reformasi Birokrasi Berdampak

Intinya kita berharap bahwa kampus-kampus ini bisa mendorong pemerintah daerah, mendorong birokrasi berdampak diterapkan.
Jum'at, 06 September 2024 09:04 WIB Jurnalis - Haerandi

Surabaya, Gesuri.id Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas meminta civitas academica yang tersebar di kampus-kampus Indonesia untuk mendorong penerapan implementasi reformasi birokrasi berdampak di wilayahnya. Menurutnya, kampus punya peran vital agar pemerintah daerah di lokasi kampus tersebut berada dapat sukses menjalankan berbagai program yang dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Intinya kita berharap bahwa kampus-kampus ini bisa mendorong pemerintah daerah, mendorong birokrasi berdampak diterapkan agar output dari kerja birokrasi ini bisa langsung menyentuh masyarakat, ujarnya ditemui usai Sapa ASN di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Senin (02/09).

Kementerian PANRB saat ini tengah mengerjakan program reformasi birokrasi tematik atau RB tematik, sebagai langkah inovatif dalam merespons harapan masyarakat pada birokrasi yang berdampak. RB tematik fokus pada empat prioritas, yakni pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, digitalisasi pemerintahan, serta belanja produk dalam negeri.

Keseluruhan area tematik tersebut ditopang oleh Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk menjaga keterpaduan dan keselarasan langkah dalam penerapan digitalisasi. Transformasi Digital akan menjadi strategi utama dalam mempercepat terciptanya birokrasi berkelas dunia dalam mendukung visi Indonesia Maju menuju Indonesia Emas 2045.

Menteri Anas menekankan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, SPBE tidak harus menambah aplikasi. Menurutnya menambah aplikasi harus sangat dihindari, pemerintah akan terus mengimbau agar instansi menginteroperabilitaskan seluruh aplikasi yang sudah ada.

Baca juga :