Pengamat Sebut Tri Rismaharini Menjanjikan untuk Maju Pilkada Jakarta

Risma menjanjikan maju di Jakarta. Populer, punya nama besar, mewakili sosok perempuan, dan punya partai besar PDI Perjuangan.
Selasa, 21 Mei 2024 15:00 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menanggapi soal Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma yang disebut-sebut akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta 2024. Menurut dia, Risma memiliki nama besar di Jakarta.

Risma menjanjikan maju di Jakarta. Populer, punya nama besar, mewakili sosok perempuan, dan punya partai besar PDI Perjuangan. Di survei nama risma juga muncul, ujar Adi ketika dihubungi, Jumat (19/4).

Menurut dia, jika dibandingkan dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atau Azwar Anas, nama Risma lebih memungkinkan. Dulu kan tiga nama ini yang beredar soal kemungkinan maju di Jakarta. Ahok, Risma, dan Azwar Anas. Mungkin ke depan dinamis muncul nama-nama lain, tuturnya.

Senada, Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro, mengatakan secara kapasitas Risma memiliki pengalaman memimpin sebuah kota besar dengan persoalan cukup kompleks seperti di Jakarta. Secara ketokohan, Risma juga sudah cukup dikenal di tingkat nasional. Terlebih, saat ini dia menjabat sebagai menteri di kabinet Presiden Jokowi.

Yang menjadi persoalan apakah Tri Rismaharini memiliki keunggulan secara elektabilitas dibandingkan nama-nama bakal calon gubernur lain seperti Ridwan Kamil, kata Bawono dihubungi di hari yang sama.

Baca juga :