Percakapan dan Pesan di Balik Pengunduran Diri Mahfud MD di Media Sosial

Bersamaan dengan berita pengunduran dirinya, konten terkait Mahfud dalam sepekan terakhir juga terekam lebih banyak diunggah.
Selasa, 06 Februari 2024 07:25 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Atensi warganet ini antara lain terlihat dari jumlah unggahan dan interaksi seputar konten Mahfud MD sepanjang satu pekan terakhir. Pemantauan yang dilakukan menggunakan aplikasi Talkwalker sepanjang 27 Januari 2 Februari 2024 menunjukkan terdapat 730.315 unggahan dan 1.979.603 interaksi terhadap konten Mahfud.

Bersamaan dengan berita pengunduran dirinya, konten terkait Mahfud dalam sepekan terakhir juga terekam lebih banyak diunggah dibandingkan dengan dua cawapres lain yaitu Gibran Rakabuming Raka dan Muhaimin Iskandar. Unggahan konten Gibran tercatat sebanyak 713.658 sedangkan Muhaimin sebesar 117.540.

Puncak interaksi tertinggi pada konten Mahfud terjadi pada 31 Januari 2024 pukul 16.00 17.00 dengan memunculkan 10.200 unggahan. Dua akun pemengaruh yang banyak mendapatkan atensi warganet Indonesia saat fase puncak percakapan tersebut berasal dari unggahan akun twitter @asumsico dan akun Tiktok Kompas TV.

Konten yang diposting pada pukul 14.14 dan 14.27 ini sama-sama mengunggah informasi pernyataan mundur Mahfud. Unggahan akun Tiktok Kompas TV yang memuat pernyataan Mahfud MD di Lampung tersebut mendapat 31.000 likes, 4.900 komentar dan dibagikan 1.200 kali. Atensi atas konten tersebut mencapai 37.100 interaksi.

Puncak pencarian konten Mahfud juga terlihat dari mesin pencarian di internet, Google. Data Google Trends menunjukkan puncak pencarian pengguna internet di Indonesia pada 31 Januari 2024 pukul 17.00. Dari rentang skala 0-100 yang digunakan, Google Trends menangkap puncak pencarian konten Mahfud MD saat itu di angka 100 (paling tinggi). Meski demikian sejak pukul 14.00 warganet sudah mulai banyak mencari informasi tentang Mahfud dengan skala pencarian pada angka 96.

Baca juga :