Pernyataan Oposisi Ganjar Berpotensi jadi Arah PDI Perjuangan

Ganjar adalah sosok yang tidak bisa dipisahkan dengan PDI Perjuangan.
Minggu, 26 Mei 2024 06:00 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Peneliti Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof Siti Zuhro menilai bahwa pernyataan Calon Presiden RI Ganjar Pranowo yang memilih untuk menjadi oposisi dengan berada di luar pemerintahan, berpotensi juga menjadi arah PDI Perjuangan kedepannya.

Walaupun hal itu diutarakan Ganjar sebagai pribadi, tetapi menurutnya Ganjar adalah sosok yang tidak bisa dipisahkan dengan PDI Perjuangan. Bahkan menurutnya Ganjar dipercaya untuk menjadi calon presiden.

Tentu itu sudah ditakar-takar, dipertimbangkan sedemikian rupa, dikonsultasikan, tidak sendiri gitu, kata Siti Zuhro saat dihubungi dari Jakarta, Rabu (8/5).

Dia menilai arah PDI Perjuangan secara organisasi akan diputuskan secara resmi pada saat rapat kerja nasional (rakernas) partai tersebut. Namun deklarasi Ganjar itu pun bisa jadi merupakan penegasan arah politik partai.

Adapun sejauh ini dia menilai bahwa PDI Perjuangan sebenarnya tidak mengenal istilah oposisi, melainkan memiliki istilah kerja sama dengan berada di luar pemerintahan.

Baca juga :