Rano Karno Janji Bikin Job Fair Per 3 Bulan Atasi Kesulitan Dapat Kerja

Salah satu cara yang akan dilakukannya untuk menciptakan lapangan pekerjaan yakni mengubah syarat minimal petugas PPSU ke tingkat SD.
Selasa, 22 Oktober 2024 06:00 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Cawagub Jakarta nomor urut 3, Rano Karno mengunjungi warga dan gen Z di Taman Bhinneka, Kemayoran, Jakarta Pusat. Salah seorang warga curhat soal sulitnya mendapatkan pekerjaan di tengah tantangan artificial intelligence (AI).

Ini pertanyaannya untuk ini anak muda ya. Tadi sudah dijawab satu persoalan. Bahwa beasiswa itu tuntas. Nah permasalahannya lapangan usaha tidak tersedia cukup dan sangat menyulitkan. Yang kedua, meskipun tadi dibicarakan soal pelatihan. Nah bagaimana pelatihan ini bisa cocok dengan industri? tanya salah seorang warga dalam acara diskusi bersama Rano Karno di Taman Bhinneka, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10/2024).

Rano Karno kemudian memberikan penjelasan. Salah satu cara yang akan dilakukannya untuk menciptakan lapangan pekerjaan yakni mengubah syarat minimal petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kembali ke tingkat SD.

Kita paham. Kemarin ini hampir 265 ribu PHK di Jakarta. Paham kita. Nah bagaimana caranya kita untuk mengurangi ini. Tentu kita harus melahirkan lapangan kerja. Makanya maaf nih. PPSU besok kerja nggak usah pakai ijazah. Maaf. Bukan kecil ini arti PPSU. PPSU itu kan kerja cuma kebersihan. Ngapain? Ngapain mesti ijazah SMP? Punya ijazah SD aja bisa kerja. Yang pastikan anak-anak kita juga tahu. Kita punya ijazah cuma SD. Berarti kita nggak bisa nuntut kerjaan yang lebih tinggi kan, jawab Rano Karno.

Rano meminta salah seorang warga membacakan catatan miliknya soal program untuk mengatasi kesulitan lapangan pekerjaan. Selain mengubah syarat minimal PPSU, Rano berjanji akan membuat job fair rutin di kecamatan setiap 3 bulan sekali.

Baca juga :