Survei Indikator: Elektabilitas Ansy Lema Tertinggi di Top of Mind Cagub NTT

Indikator Politik memotret peluang dari nama-nama bakal calon gubernur yang mulai beredar dan menjadi perbincangan warga di NTT
Senin, 22 Juli 2024 05:00 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id - Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei menjelang Pilgub di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Nama politikus PDI Perjuangan Ansy Lema unggul di simulasi top of mind.

Survei ini berlangsung pada periode 9-14 Juli 2024. Indikator Politik memotret peluang dari nama-nama bakal calon gubernur yang mulai beredar dan menjadi perbincangan warga di NTT menjelang pilgub.

Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia di NTT yang telah memiliki hak pilih pada pemilihan kepala daerah tahun 2024 atau mereka yang sudah berumur 17 tahun ke atas maupun telah menikah ketika survei dilakukan. Survei yang melibatkan sampel 1.400 responden dan ditarik menggunakan metode multistage random sampling ini memiliki toleransi kesalahan (margin of error) 3% pada tingkat kepercayaan 95%.

Responden terpilih diwawancarai secara tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Kendali kualitas terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam kendali kualitas ini, tidak ditemukan kesalahan berarti.

Elektabilitas tertinggi diperoleh Yohanis Fransiskus Lema (Ansy Lema) dengan elektabilitas 6,9 persen dalam simulasi top of mind atau jawaban spontan responden. Posisi kedua dan ketiga dalam survei ini adalah Emanuel Melkiades Leka Lena atau Melki Laka Lena yang mendapat 6,8 persen dan Benny Kabur Harman di angka 6,3 persen. Sementara itu, responden yang belum bisa menjawab masih cukup tinggi di angka 57,5 persen.

Baca juga :