Sawahlunto, Gesuri.id - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengapresiasi langkah-langkah reformasi birokrasi yang dilakukan Pemkot Sawahlunto, Sumatera Barat, diantaranya melalui Mall Pelayanan Publik (MPP).
"Pesan kami, tidak bisa hanya sampai di sini, artinya diperlukan komitmen dalam melanjutkan pelayanan di MPP ini, juga masih bisa ditingkatkan dari segi jenis pelayanan maupun inovasi sarana dan prasarana," kata MenPANRB Azwar Anas ketika meresmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Sawahlunto, Senin (26/9).
Dia menyebut reformasi birokrasi sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo, salah satu poinnya adalah bagaimana menciptakan pelayanan yang efektif dan efisien bagi masyarakat, dimana Mall Pelayanan Publik menjadi bagian dari pelaksanaan arahan tersebut.
Baca: MenPAN-RB Siapkan 3 Skenario Saat Hapus Honorer di 2023
"Ke depan yang perlu menjadi perhatian bersama itu adalah bagaimana menjaga mutu pelayanan di MPP ini, kalau sekarang kami sudah melihat kualitas pelayanan sudah bagus dan menarik. Agar bisa bertahan kualitas tersebut tentu butuh komitmen dan evaluasi terus menerus dari Pemkot bersama seluruh lembaga/instansi yang bekerjasama menyediakan pelayanan di sini," kata dia.
"MPP Sawahlunto ada keunikannya, yaitu dikolaborasikan dengan produk lokal daerah dari pelaku Usaha Mikro Kecil (UKM) yaitu Songket Silungkang. Sehingga MPP telah turut berperan memfasilitasi dan mempromosikan pemasaran Songket Silungkang, kami mengapresiasi hal ini jadi silahkan dipertahankan keunikan tersebut," katanya.
Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan terima kasih atas kesediaan Menpan RB Azwar Anas untuk datang langsung meresmikan MPP Kota Sawahlunto.
Baca: Anas Ajak Warga Manfaatkan Penghapusan Denda PBB
"Bagi Pemkot Sawahlunto penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik ini merupakan prioritas sebab termasuk dalam visi misi yaitu mewujudkan kota berbasis Smart City dan peningkatan kualitas pelayanan publik dan daya tarik investor, juga tersedianya infrastruktur publik yang merata dan memadai," kata dia.
Ia menyebutkan dengan kehadiran MPP sekarang masyarakat bisa menikmati mengurus pelayanan itu cukup di satu tempat, tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya transportasi untuk berpindah dari kantor ke kantor.
"Ada 25 gerai pelayanan yang terselenggara di MPP ini, sementara untuk perizinan ada 219 jenis," ujar dia menjelaskan.
Selain pelayanan untuk masyarakat menurut Wali Kota Deri Asta, MPP ini juga berperan strategis dalam meningkatkan daya tarik investasi ke Kota Sawahlunto.