Ikuti Kami

Bupati Winarti Sukses Bangun Mall Pelayanan Publik Inovatif

“Berbekal Gedung yang terbengkalai, kita bisa wujudkan tempat pelayanan masyarakat sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo".

Bupati Winarti Sukses Bangun Mall Pelayanan Publik Inovatif
Bupati Tulangbawang Dr. (Cand) Hj. Winarti SE MH akhirnya berhasil meraih cita-citanya yaitu peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) Tulangbawang (Tuba).

Tulang Bawang, Gesuri.id - Bupati Tulangbawang Dr. (Cand) Hj. Winarti SE MH akhirnya berhasil meraih cita-citanya yaitu peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) Tulangbawang (Tuba).

Hal itu karena MPP bisa memberikan pelayanan mudah dan gratis, dan telah diresmikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo SH, Rabu (4/11).

Baca: Bobby Tunjukkan Kartu Bantuan UMKM, Jadi Program Prioritas

“Berbekal Gedung yang terbengkalai, kita bisa wujudkan tempat pelayanan masyarakat sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan Mal Pelayanan Publik (MPP) saat ini satu-satunya di Lampung, dan bisa bapak Menteri resmikan,” sebut Bupati Winarti dalam sambutannya.

Bupati Tulangbawang ini juga menyampaikan permohonan maaf untuk rakyat Tulangbawang, karena biasanya acara demikian bisa dihadiri ribuan masyarakat.

“Tapi ini kita harus patuh pada protokol kesehatan, dan atas nama rakyat Tulangbawang juga saya mohon maaf pada Pak Menteri, bila ada hal yang belum berkenan, kami mohon arahan, bimbingan untuk kami, karena dengan adanya MPP ini masyarakat bisa mengurus 325 jenis layanan disini, dan pengurusan perizinan di MPP Tulangbawang gratis,” tutur Bupati Winarti.

Terobosan baru Kabupaten Tulangbawang dalam membuat Mal Pelayanan Publik yang Pertama di Provinsi Lampung, bertujuan membuat sistem pelayanan efektif dan efisien di era saat ini, yang sangat diharapkan masyarakat.

“Melalui MPP ini, kami ingin menjawab aspirasi masyarakat yang selama ini mengeluhkan pelayanan Pemerintah yang dinilai lambat, berbelit-belit, dan banyak pungutan liar. Maka dengan adanya MPP, pelayanan bisa diakses masyarakat lebih mudah, cepat, aman, nyaman dan tanpa pungli,” tegas Bunda Winarti, sapaan akrab Bupati Tulangbawang.

Di Kabupaten Tulangbawang, respon dan antusias masyarakat serta dunia usaha dalam memanfaatkan MPP sangat positif. Sebanyak 325 bentuk layanan diberikan MPP Tulangbawang secara terpadu, seperti pelayanan administrasi kependudukan, perizinan dan lain-lain, yang dilaksanakan oleh 16 OPD Pemerintah Kabupaten Tulangbawang dan 9 Instansi Vertikal.

Selain itu Inovasi Layanan juga dilakukan oleh MPP Tulangbawang, diantaranya dengan membangun sistem pelayanan berbasis teknologi informasi atau secara online.

“Keberadaan MPP ini, selain untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, juga diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan daerah melalui kemudahan perizinan bagi dunia usaha, agar kran investasi semakin terbuka untuk mendukung kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kabupaten Tulangbawang,” ucap Bunda Winarti.

Baca: Anies Bangun Hotel Mewah di TIM Pakai Uang PEN, Tidak Tepat! 

MPP Tulangbawang, serta adanya 25 Program Unggulan Bergerak Melayani Warga (BMW) adalah bagian dari semangat reformasi birokrasi. Karena Aparatur Pemerintah Daerah saat ini, juga dituntut harus makin berkualitas dan profesional dalam melayani masyarakat, serta dalam menjalankan tugas pemerintahan dan pembangunan.

“Untuk itulah, guna mengoptimalkan MPP Tulangbawang maupun dalam mensukseskan berbagai program kerja Pemerintah Kabupaten Tulangbawang, kami selalu berharap perhatian dan dukungan dari Bapak Menteri PAN-RB maupun Pemerintah Pusat, demikian juga perhatian dan dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung,” tandas Bupati Winarti.

Quote