Jakarta, Gesuri.id - Anggota Komisi VI DPR RI, Ida Nurlaela Wiradinata, mengapresiasi langkah transformasi yang dilakukan oleh Perum DAMRI demi meningkatkan layanan transportasi di Indonesia.
Ia pun menyatakan, meskipun DAMRI merupakan perusahaan transportasi yang telah berusia 78 tahun, perusahaan ini terus berkembang dengan mengadopsi berbagai inovasi.
Salah satu langkah signifikan adalah pengembangan platform penjualan tiket secara online, yang memungkinkan masyarakat lebih mudah mengakses layanan transportasi yang disediakan.
Baca: Ganjar Pranowo Dukung Efisiensi Anggaran
"DAMRI kini telah memperlihatkan kesiapan platform penjualannya secara digital, serta memiliki armada yang semakin berkualitas," Kata Ida dalam agenda Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI dengan Kementerian BUMN, PT KAI (Persero), KCIC, dan Perum Damri di Stasiun Kereta Cepat Tegalluar Summarecon, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/3).
Selain itu, ia juga menyoroti pentingnya kerja sama antara DAMRI dan pemerintah daerah dalam mendukung kelancaran transportasi darat. Menurutnya, bukan hanya armada yang harus disiapkan, tetapi juga infrastruktur jalan yang baik agar layanan transportasi dapat berjalan optimal.
Di sisi lain, Ida juga menegaskan pentingnya perubahan pola pikir masyarakat dalam memilih moda transportasi. Ia berharap semakin banyak masyarakat yang beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum guna mengurangi kemacetan.
"Mindset masyarakat harus berubah. Transformasi ini tidak hanya tentang transportasi darat, tetapi juga bagaimana kita bisa mengurangi kemacetan dengan menggunakan kendaraan umum," ujarnya.
Baca: Ganjar Pranowo Mempertanyakan Klaim Sawit Sebagai Aset Nasional
Kesiapan DAMRI Hadapi Lebaran 2025
Politisi Fraksi PDI Perjuangan itu memberikan apresiasi terhadap DAMRI dalam menghadapi lonjakan penumpang saat musim mudik lebaran. Ia menyebutkan persiapan yang telah dilakukan sangat baik dan diharapkan dapat berjalan dengan lancar.
"Kesiapan DAMRI untuk menghadapi Lebaran ini luar biasa. Saya mengapresiasi upaya yang telah dilakukan untuk memastikan layanan transportasi tetap berjalan dengan baik selama periode mudik dan balik," tuturnya.
Terakhir, Ida mendukung transformasi DAMRI yang terus berlanjut dan memberikan manfaat luas bagi masyarakat di seluruh Indonesia, termasuk di daerah-daerah terpencil seperti Papua. Dengan berbagai upaya modernisasi dan peningkatan layanan, ungkapnya, DAMRI dapat terus berkontribusi dalam menciptakan sistem transportasi yang lebih baik, efisien, dan nyaman bagi masyarakat Indonesia.
"DAMRI bukan hanya hadir di Jawa Barat, tetapi juga di seluruh Indonesia, terutama di Papua. Saya berharap layanan ini semakin kuat dan mampu menghadapi berbagai tantangan ke depan," pungkasnya.