Ikuti Kami

Sonny Minta Pelindo & Jasa Marga Tingkatkan Pelayanan 

Serta dapat menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat.

Sonny Minta Pelindo & Jasa Marga Tingkatkan Pelayanan 
Anggota DPR RI, Sonny T Danaparamita.

Jakarta, Gesuri.id - Anggota DPR RI, Sonny T Danaparamita, meminta kepada PT Pelindo dan Jasa Marga untuk meningkatkan pelayanan, serta dapat menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat.

Menurut Sonny, selain mempersiapkan pergerakan arus penumpang dengan jumlah besar yang akan melakukan mudik menjelang dan sesudah Idulfitri 1444 H, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kelancaran angkutan barang (logistik), agar tidak menimbulkan persoalan yang dapat menggangu momentum Lebaran.

“Selain kita harus mempersiapkan tentang arus mudik dan arus balik itu, kita juga perlu mengantisipasi keberadaan angkutan barang. Hal itu juga penting, karena jika keberadaan angkutan barang ini tidak diperhitungkan tentu hal tersebut akan sangat mengganggu,” kata Sonny dalam agenda Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi VI DPR RI dan BUMN Logistik, Infrastuktur dan pendukungnya (PT Pelabuhan Indonesia (Persero), PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, PT Hutama Karya (Persero), PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Perum LPPNPI/Airnav Indonesia), Senin (10/4).

Baca: Sri Rahayu Gelar Safari Konsolidasi di Desa Kendalrejo

Sonny juga menyinggung masih adanya pelabuhan-pelabuhan yang masih kurang steril, sehingga dapat menimbulkan bahaya. Seperti Pelabuhan Sampit, Pelabuhan Batu Licin, dan lainnya.

“Saya sepertinya belum mendengar koordinasi antara PT Pelindo sebagai fasilitator dan pihak regulator maupun operator. Padahal duduk bertiga dalam membicarakan rencana operasi maupun menyusun berbagai antisipasi ini penting, agar jika ada permasalahan di lapangan nantinya tidak saling lempar tanggung jawab dan berdampak pada pelayanan,” terangnya.

“Selain itu, saya menilai juga masih ada pelabuhan-pelabuhan yang tidak steril dari orang-orang yang tidak berkepentingan, karena tidak ketatnya penjagaan. Hal itu sangat berbahaya. Pelabuhan yang masih seperti itu misalnya Pelabuhan Sampit dan Batu Licin,” lanjutnya.

Sementara untuk PT Jasa Marga, Sonny menyebut perusahaan tersebut dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat memang relatif cukup baik. Namun demikian, Sonny meminta agar dalam memberikan pelayanan melalui media digital masih harus ditingkatkan.

Baca: Ineu Tinjau Kesiapan Tol Cisumdawu Untuk Hadapi Mudik Lebaran

Menurut Sonny, meski Jasa Marga memiliki aplikasi Travoy (Travel With Comfort and Joy), sebagai layanan digital, fitur-fitur yang ada di aplikasi tersebut kurang update dalam menyajikan informasi khususnya untuk keperluan akomodasi, traveling, dan tempat-tempat strategis, termasuk informasi UMKM di rest area dan destinasi wisata.

Legislator dari Dapil Jawa Timur III itu juga meminta agar pihak Jasa Marga segera memperbaiki ruas-ruas jalan tol yang berlubang dan mengalami kerusakan. Ia juga meminta pada para direksi untuk memikirkan kesejahteraan para petugas yang dengan penuh tanggung jawab bertugas di hari Lebaran.

“Sekali lagi, saya meminta agar para direksi memberikan apresiasi kepada para karyawan yang bertugas di hari Lebaran ini dengan sesuatu yang sepadan dan membuat mereka juga bahagia” tandasnya.

Quote