Jakarta, Gesuri.id - Eksportir yang juga Founder AVA Natural, Regina Vianney Ayudya menceritakan pengalamannya menggeluti bisnis ekspor.
Wakil Ketua Bidang Ekonomi Kreatif dan Pariwisata DPC PDI Perjuangan Jakarta Selatan itu mengakui, memang ada ketakutan saat dirinya memulai bisnis ekspor mulai dari modal, cara pemasaran, hingga hal-hal detail yang belum ia ketahui.
Baca: Hendi Siap Tingkatkan Kualitas UMKM
Namun akhirnya, Regina menemukan formula yang tepat sampai akhirnya dia bertahan menjalani bisnis ekspor selama tujuh tahun terakhir ini.
Hal itu dikatakan Regina, dalam GueMuda Webinar Series bertajuk "Muda, Sukses, Mendunia: Export Opportunity for Young Entrepreneur", baru-baru ini.
"Saya mau challenge diri sendiri. Masa iya produk Indonesia enggak bisa diterima oleh market luar negeri," terangnya.
AVA Natural merupakan brand yang berfokus pada produk body care, home living, dan antibakterial. Jika merunut strategi ekspornya, langkah awal Regina dimulai dengan proaktif mengetahui proses yang diperlukan untuk ekspor; riset tentang produk yang dibutuhkan pasar internasional; dan menjaga kualitas produk seketat mungkin.
Baca: Pelantikan PPSAKK, Parta Dorong Bhakti Lewat Program Nyata
Regina menyarankan, untuk mereka yang ingin ekspor setidaknya harus proaktif mencari informasi terkait di situs Kementerian Perdagangan. Sementara untuk poin kedua dan keempat bisa dilakukan dengan riset sebanyak mungkin, hingga tahu kebutuhan dan standar kualitas yang harus dicapai oleh produk kita.
Yang tidak kalah penting, katanya, adalah membangun jaringan agar semua usaha membangun bisnis ekspor bisa memperoleh akselerasi.
"Our network is our net worth. Bergabung dengan organisasi-organisasi pengusaha sangat membantu menjalankan usaha terutama untuk bisnis ekspor," tutup Regina.